tentang

Baca apa

Sebagaimana tubuh yang membutuhkan makanan, pikiran dan jiwa manusia pun agaknya membutuhkan bacaan sebagai makanannya. Beberapa makanan memang dibutuhkan untuk membuat perut kenyang, beberapa makanan yang lain untuk membuat tubuh menjadi lebih sehat dengan kandungan gizinya. Ada yang rasanya manis, pedas, asin, asam, hambar, bahkan pahit.

Demikian juga, menurut kami, bacaan memiliki peran yang serupa untuk pikiran dan jiwa pembacanya. Meskipun demikian, tubuh seolah menentukan sendiri makanan yang tepat untuknya, yang tidak hanya ditentukan oleh insting dan kebutuhan, tetapi juga selera pribadi hingga latar belakang budaya yang lebih luas.

Menariknya, kita tidak pernah benar-benar tahu apakah makanan tersebut sungguh-sungguh mengenyangkan, menyehatkan, memberikan kenikmatan, dan memberikan asupan gizi yang memadai untuk tubuh kita, tanpa, minimal, kita perbolehkan makanan tersebut melewati mulut kita, untuk kemudian diproses lebih lanjut oleh lambung dan kawan-kawannya. Demikian pula dengan sebuah bacaan, bahkan ketika kita sudah selesai membacanya, kadang kita tidak dengan segera merasakan manfaatnya, dan baru beberapa waktu setelahnya, dan ini tidak jarang membutuhkan waktu yang lama, untuk dapat dirasakan manfaatnya

Dengan dasar pemikiran itulah situs ini dibentuk, sebagai wadah berbagi dan apresiasi sederhana atas tulisan yang telah dibaca, yang sangat mungkin dirasakan dan diolah berbeda oleh setiap pribadi dengan segala keunikannya, sekaligus sebagai ungkapan rasa terima kasih pembaca kepada penulis yang telah berbagi olahan “masakan”nya.

Selamat menikmati!

Credit: Foto oleh Vish Varadh dari Pexels